PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PELATIHAN PENGOLAHAN HASIL PRODUKSI PETANI JAGUNG DAN BUDI DAYA JAMUR TIRAM

  • 30 Agustus 2017
  • Oleh: kesimanpetilan
  • Dibaca: 362 Pengunjung

Desa Kesiman Petilan pada tanggal 30 Agustus 2017 telah mengadakan kegiatan Bidang IV yaitu Pemberdayaan Masyarakat Pelatihan Pengolahan Hasil Produksi Petani Jagung dan Budidaya Jamur Tiram. Kegiatan ini menggunakan sumber Dana Desa (DD) yang diambil dari APBDes 2017. Lokasi diadakannya kegiatan ini di kolam pancing Jl. Waribang, Kesiman Petilan, peserta yang hadir antara lain : Kepala Desa Kesiman Petilan, Kepala Dusun , Narasumber dari Universitas Warmadewa, PKK masing-masing banjar, serta petani subak delod sema.

Dr. Ir Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti, MP selaku narasumber dan Dosen Fakultas Pertanian di Universitas Warmadewa mengatakan di Indonesia jagung merupakan komoditi tanaman pangan penting, jagung manis banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan nilai gizi yang lebih banyak. Umur produksinya lebih singkat atau genjah sehingga sangat menguntungkan. Permintaan pasar terhadap jagung manis terus meningkat, baik untuk swalayan, pedagang jagung bakar. Menurut narasumber tujuan dari kegiatan ini memberikan pemahaman terhadap masyarakat petani jagung dalam rangka pemberdayaan masyarakat menjadikan produksi pertanian jagung lebih baik.

Narasumber selanjutnya Ir. Ni Ketut Sri Rukmini, M.P selaku Dosen Fakulatas Pertanian Universitas Warmadewa memberikan arahan cara membudidayakan jamur tiram, dimana beliau mengatakan pertumbuhan jamur tiram sangat tergantung pada faktor fisik seperti suhu, kelembaban, cahaya, pH media tanam, dan aerasi. Jenis jamur yang sudah dikenal di Indonesia antara lain : jamur merang, jamur kuping, jamur shitake, jamur tiram, dan jamur lingzhi yang mempunyai nilai ekonomi tinggi untuk dikembangkan cara budidaya relatif mudahdan tidak memerlukan lahan yang luas. Selain itu jamur sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Jamur memerankan peranan penting dalam pengobaatan seperti menurunkan kolesterol darah, meningkatkan kerja ginjal dan meningkatkan kerja system saraf. Tujuan yang didapat dari budidaya jamur ini memberikan prospek baru terhadap pemasaran produk pertanian sebagai bentuk olahan guna mengantisipasi pendapatan ekonomi.

Harapan dari kegiatan ini adalah kegiatan ini terjadi sinergi dan berkesinambungan kegiatan pertanian dan produk multicultural sehingga menjadi embrio pembentukan kelompok-kelompok petani sebagai cikal bakal pembentukan Bumdes.


  • 30 Agustus 2017
  • Oleh: kesimanpetilan
  • Dibaca: 362 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

I Wayan Mariana

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Desa Kesiman Petilan ?